Sertifikasi Microsoft Office Specialist





Apa Itu Microsoft Office Specialist

Microsoft Office Specialist adalah sebuah kredensial yang menunjukkan pengetahuan serta kemampuan kamu dalam menggunakan berbagai software Microsoft Office.


Saat mengambil sertifikasi Microsoft Office Specialist, kamu bisa memilih beberapa jenis program sertifikasi sesuai dengan kebutuhanmu saat ini, seperti:


  1. Excel Associate → Mempelajari cara mengelola worksheet dan spreadsheet, mengelola data cells dan range, hingga melakukan analisa data dengan rumus serta fungsi Excel.

  2. PowerPoint → Mempelajari cara mengolah presentasi, menyisipkan dan memformat teks, hingga menerapkan transisi serta animasi.

  3. Word Associate → Mempelajari cara mengelola dokumen, mengolah referensi, hingga mengatur untuk bisa kolaborasi antar dokumen.

  4. Word Expert → Mempelajari pengaturan dokumen dan cara mengelolanya hingga menggunakan berbagai fitur Word secara advanced.

  5. Excel Expert → Mempelajari cara mengelola workbook hingga mengatur dan memformat data secara advanced di Excel.


Dari penjelasan tentang jenis program sertifikasi beserta kemampuan apa saja yang dipelajari, terdapat dua level berbeda Microsoft Office Specialist, yaitu level Associate dan Expert.


Kedua level tersebut memiliki kesulitan yang berbeda saat kamu mengambil ujian sertifikasi, namun manfaat lebih yang bisa kamu dapatkan jika mengambil sertifikasi Microsoft Office Specialist adalah kamu tidak perlu lulus ujian level Associate terlebih dahulu jika ingin mengambil di level Expert.


Manfaat Mendapatkan Sertifikasi Microsoft Office Specialist

Mendapatkan gelar Microsoft Office Specialist dapat memberikanmu segudang manfaat untuk karier dan saat mencari kerja di masa mendatang, yaitu:


  1. Potensi percepatan karier

Mengambil sertifikasi Microsoft Office Specialist dapat meningkatkan potensi CV dan resume kamu dilirik oleh rekruter, sehingga dapat mendapatkan pekerjaan lebih cepat.


Tidak hanya itu, dengan kualifikasi yang telah kamu dapatkan dari sertifikasi Microsoft Office Specialist bisa membuat kamu jadi kandidat yang paling menarik untuk kenaikan gaji hingga promosi.


Kualifikasi dan pengetahuan yang kamu miliki dari sertifikasi inilah yang dapat membantumu untuk lebih produktif, bisa memecahkan masalah, serta unggul dalam posisi kepemimpinan.


  1. Semakin terlihat dan dipandang

Salah satu tantangan saat mencari kerja adalah bagaimana caranya agar bisa lebih menonjol dibanding kandidat lainnya, memiliki sertifikasi Microsoft Office Specialist dapat membantumu untuk memberikan verifikasi tambahan atas kemampuan yang dimiliki.


Saat mendapatkan sertifikasi tersebut, kamu bisa menyisipkan kredensialmu di berbagai platform pencari kerja online seperti LinkedIn dan Credly, sehingga dapat membantu kamu lebih menonjol di jaringan profesional.



  1. Kemahiran dalam menggunakan Microsoft Office

Mampu membuat CV dengan Word saat melamar kerja adalah salah satu manfaat mengambil sertifikasi Microsoft Office Specialist.


Selain itu, dengan kamu memiliki kemahiran dalam menggunakan software Excel dan PowerPoint, bekerja untuk menganalisis data hingga membuat presentasi terasa jauh lebih mudah dan cepat.


Alhasil, kinerja serta produktivitas kerja kamu akan semakin baik.


Kenapa Harus Sertifikasi Microsoft?

Penting, karena sertifikasi kompetensi microsoft office merupakan sebuah pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai keterampilan dan keemampuan yang mumpuni sesuai dengan standar kerja yang sudah ditetapkan.

Di zaman sekarang ini, sertifikasi sepertinya akan menjadi salah satu hal yang menunjang untuk tetap bertahan dalam pekerjaan . Namun yang sangat disayangkan, kesadaran orang-orang mengenai pentingnya sertifikasi kompetensi masih sangat kurang. Padahal, kesadaran itu yang harus kita bangun dari awal.

Sertifikasi sebaiknya menjadi hal yang wajib dimiliki oleh tenaga kerja. Ini berlaku tidak hanya untuk para pekerja formal saja, namun pekerja informal pun rasanya wajib memiliki sertifikasi kompetensi ini.

Melalui sertifikasi kompetensi, para tenaga pekerja akan lebih fokus dalam bekerja dan juga diakui oleh negara atas keahlian yang dimiliki. Siapa yang tak mau bekerja sama dengan individu yang punya skill tinggi dan tersertifikasi?

Nah, apa sebenarnya pentingnya sertifikasi kompetensi (salah satu contohnya microsoft office) untuk tenaga kerja?

  1. Membantu tenaga kerja dalam promosi profesinya di pasar tenaga kerja
  2. Membantu tenaga kerja dalam merencanakan karir
  3. Membantu pengakuan kompetensi lintas sektor dan lintas negara
  4. Membantu tenaga profesi meyakinkan kepada organisasi/industri/kliennya bahwa dirinya kompeten dalam bekerja atau menghasilkan produk atau jasa
  5. Membantu tenaga profesi dalam memenuhi persyaratan regulasi
  6. Membantu memastikan dan memelihara kompetensi untuk meningkatkan percaya diri tenaga profesi.
  7. Membantu tenaga profesi dalam mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri.

Dengan memiliki sertifikasi kompetensi maka seseorang akan mendapatkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi yang dikuasai Anda. Persaingan kerja antar profesi maupun lain profesi sangat ketat. Jadi, kalau kita tidak mampu atau kalah bersaing, bersiaplah untuk tergusur dari persaingan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More